Cara Menentukan Ukuran Kertas F4 Di Photoshop

Di zaman serba digital sekarang ini tentu banyak hal yang mungkin beberapa tahun lalu tidak pernah terpikirkan dapat terjadi. Misalnya seperti mengedit sebuah foto lalu dibuat sedemikian rupa hingga menjadi tampak amat sangat berbeda daripada foto aslinya. Bagi orang awam, hal tersebut sudah begitu menakjubkan tetapi bagi yang sudah cukup melek dengan teknologi maka tentu akan merasa biasa saja. Pasalnya hal itu sudah cukup mudah dilakukan sekarang ini, karena sudah banyak program komputer yang dapat membantu mewujudkannya. Seperti salah satu program editing foto paling terkenal, yaitu photoshop.

Membuat Lembar Kerja Photoshop Berukuran F4

Ketika pertama kali membuka jendela kerja dari program photoshop, maka pengguna program tersebut akan langsung diminta melakukan pengaturan ukuran lembar kerja. Penentuan ukuran lembar kerja ini cukup penting untuk dilakukan dengan benar dan memilih ukuran yang tepat, karena akan berhubungan dengan ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak nantinya.

Tahap tersebut bagi sebagian orang terutama yang awam tentu merupakan tahap yang cukup membingungkan karena tidak tahu harus memilih yang mana. Hal tersebut utamanya dialami oleh mereka yang ingin menggunakan kertas F4 untuk mencetak, karena tidak ada pilihan atau opsi kertas F4 di sana.

Untuk menentukan lembar kerja photoshop agar berukuran seperti ukuran F4¬†sebetulnya cukup mudah, karena tinggal atur dimensi panjang dan lebarnya saja. Bagian yang paling perlu diperhatikan adalah kolom preset yang pilih saja “custom” untuk bagian itu. Setelah itu alihkan perhatian ke kolom width untuk menentukan lebar dari lembar kerja. Karena ingin berukuran seperti kertas F4 maka inputlah angka 21,6 di kolom width karena itu adalah ukuran lebar kertas F4. Lalu lanjutkan dengan perhatikan kolom height untuk menentukan tinggi lembar kerja, kemudian inputlah angka 33 agar sesuai tinggi dari kertas F4. Pada tahap ini jangan lupa perhatikan satuan dimensi yang digunakan, apabila masih tertera millimeter, inch atau lainnya selain centimeter maka segera ganti menjadi centimeter.

Jika penentuan angka di kolom width dan height sudah sesuai dengan ukuran kertas F4, maka langsung saja klik OK yang ada di sudut kanan atas tanpa perlu memedulikan kolom lainnya jika ingin mengikuti pengaturan default saja. Setelah itu barulah secara langsung lembar kerja pada program photoshop yang terpampang sudah sesuai dengan ukuran dari kertas F4. Tinggal nantinya ketika menggunakan lembar kerja harap pastikan saja tidak keluar dari area lembar kerja yang sudah ditentukan tersebut.

Mengganti Ukuran Lembar Kerja Photoshop

Perlu diketahui bahwa istilah lembar kerja pada photoshop dikenal pula dengan istilah kanvas. Sehingga apabila ada yang menggunakan istilah tersebut maka yang dimaksud adalah lembar kerja pada program photoshop itu sendiri.

Kadangkala di tengah-tengah proses pengerjaan suatu hal pada lembar kerja alias kanvas photoshop, pengguna merasa ukuran kanvasnya tidak sesuai dengan yang dipikirkannya di awal. Sehingga karena hal itu harus dilakukan pengubahan ukuran kanvas baik itu menjadi lebih besar maupun menjadi lebih kecil.

Caranya tidaklah sulit karena cukup tekan ALT, CTRL dan C secara bersamaan maka akan langsung muncul sebuah kotak dialog. Kotak dialog tersebut adalah kotak dialog yang berisikan informasi tentang ukuran kanvas yang sedang berlaku, sehingga untuk menggantinya cukup ganti saja angka-angka yang tertera pada kolom width dan tentu saja kolom height sesuai dengan ukuran kanvas yang dikehendaki.